SELAMAT DATANG DI BLOG KAWASAKI NINJA CLUB CIKARANG - GET THE SOLID
MARI KITA SUKSESKAN ACARA HUT KNC CIKARANG KE-9 PADA 24-25 MARET 2012 DI CILEUMBER, PUNCAK BOGOR

Rabu, 19 Januari 2011

Overheat Pada Kawasaki Ninja

KNC Cikarang - TIDAK semua kendaraan roda dua menggunakan sistem pendingin mesin dengan medium udara. Terdapat juga beberapa jenis kendaraan yang menggunakan air untuk mencegah mesin cepat panas dengan piranti yang biasa kita sebut “Radiator”. Jadi bisa dikatakan bahwa radiator sama dengan tandom air yang bekerja untuk menghantarkan sirkulasi air yang panas karena berputar di dalam mesin.
“Pada umumnya kendaraan yang menggunakan cara pendinginan dengan air, suhu normal mesin kisaran 80-90 derajat Celsius dan akan timbul masalah kalau panasnya diatas 100 derajat Celsius.” Kata Pak Andi Agus, Assistance Manager Service Kawasaki Sentra Ciputat. “Yang menjadi penyebab suhu mesin tiba-tiba naik, diantaranya tersumbatnya kisi-kisi aluminiumnya oleh kotoran atau ada yang bocor pada radiator.” Lanjutnya.
Lalu bagaimana bila terjadi overhead pada kendaraan roda dua khususnya pada Kawasaki Ninja?


“Jarang sekali ada claim dari customer perihal kendala radiator Ninja” kata Pramono Sidi, Satff bagian claim service dari dealer Kawasaki terbesar ini. “Kalaupun ada masalah biasanya indicator panas yang terdapat diatas tengah antara speedo meter dan rpm (untuk Ninja “R”) dan disebelah kanan rpm (untuk ninja “RR”) akan menunjuk pada huruf H (Hot).” Jelasnya.
Bila tiba-tiba penunjuk panas berada pada posisi H (Hot) biker’s bisa melakukan langkah-langkah pertolongan pertama dengan :
  1. Hentikan kendaraan Anda dan parker di tempat yang aman.
  2. Buka cover penutup radiator dengan obeng plus.
  3. Tunggu beberapa saat (5-10 menit) sebelum tutup radiator di buka. (berbahaya membuka tutup radiator dalam keadaan panas, uap panas akan tersembur apabila hal ini dilakukan). Bila merasa suhu sudah turun kemudian buka penutup radiator (dengan kondisi mesin mati). Kemudian isi radiator dengan air bersih (disarankan dengan air mineral).
  4. Periksa juga cadangan air radiator yang terletah di sebelah kanan tengan. Bila kosong isi dengan air sampai pada garis indikator yang kedua.
“Usahakan setelah terjadi overheat pada motor Anda, bawa ke bengkel resmi untuk di check penyebab dan kerusakan yang ditimbulkan”. Kata Pramono.
Sumber : motorplus-online.com

1 komentar:

  1. ass.
    pa, saya mau nanya .
    sya pnya ninja r , waktu itu terjebak macet slama stgh jam (kurang lbh) , lalu ada air radiator yang keluar dr blakang ,, itu knapa ea ? dan bagaimana supaya ini tidak terjadi lagi? trus air radiator yg seprti apa yg cocok untuk ninja
    trimaksaih ,

    BalasHapus

PERHATIAN:
* Hindari komentar yang bersifat provokasi, kasar, caci maki dan menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan).
* Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengirim.
* Admin/Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak.

KAWASAKI NINJA 150RR - 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...