SELAMAT DATANG DI BLOG KAWASAKI NINJA CLUB CIKARANG - GET THE SOLID
MARI KITA SUKSESKAN ACARA HUT KNC CIKARANG KE-9 PADA 24-25 MARET 2012 DI CILEUMBER, PUNCAK BOGOR

Selasa, 13 September 2011

Ninja RR 150 Facelift Meluncur Tahun Depan?


KNC Cikarang - Setelah 10 tahun tanpa perubahan, akhirnya Kawasaki Ninja RR 150 berubah wajah. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memastikan akan melakukan facelift pada Ninja RR. Perubahan mayoritas terjadi pada body, dengan garis lekukan tajam, mencirikan motorsport generasi teranyar.

Apakah motor ini bakal meluncur akhir tahun? Sepertinya tidak. Penegasan tersebut sudah dikemukakan Kawasaki bahwa hingga akhir tahun ini tidak ada motor rakitan lokal yang akan diluncurkan. Kabar yang beredar motor ini bakal menggelinding kwartal pertama tahun 2012.
“Ya benar, akan ada perubahan pada Ninja RR, namun tidak dijual sekarang, tapi tahun depan,” kata Freddyanto Basuki, Manager Marketing & Promosi Dept. KMI pada KapanLagi.com, Sabtu (10/9).


Sebelumnya, dari foto-foto Ninja RR 150 terbaru yang beredar di dunia maya jelas terlihat bahwa tampilannya lebih sporty dari pendahulunya. Meski terlihat lebih agresif dengan lekukan tajam, KMI tidak menyebut seberapa besar kenaikan harga dibanding model lama. Tapi yang jelas nilai jualnya di atas harga sekarang. Namun ia mengaku, basis desainnya kurang lebih mengadopsi Ninja 250R yang sukses di pasar sport 250cc.

Bersamaan dengan peluncurannya nanti, Kawasaki juga menyiapkan fitur tambahan single seater sebagai opsi. Karena body belakang sudah mengalami perubahan, single seater untuk Ninja RR mendatang tidak bisa dipasang pada model sebelumnya.

Berdasarkan gambar yang muncul di internet, fairing depan mirip Ninja 250R tanpa double headlamp. Di bagian buritan memiliki lekuk yang lebih tajam namun sisi samping body mirip RR special edition sebelumnya, sedangkan bagian spatbor terlihat lancip mirip moge. Lengan ayun tidak mengalami perubahan. Catnya tetap berlabur warna silver metalik, seperti warna Ninja RR generasi kedua.

Sasis tetap menggunakan rangka tobular. Pada sektor rangka kini warnanya kembali ke era ZX-KRR 150 pertama kali diluncurkan yakni silver. Berbeda dengan versi sebelumnya, yakni full hitam. Senada dengan velg, pada tabung shock depan Ninja RR facelift kini berwarna hitam, pada model sebelumnya dilaburi cat emas (gold) dan perak (silver).
Freddy enggan membocorkan lebih lanjut motor sport bermesin 2-tak 150cc ini. Namun apakah nantinya tampilan speedometer atau panel indikator akan beralih ke digital seperti motor sport generasi terkini, belum diketahui pasti, termasuk pemakaian ban tubeless pada seluruh varian Ninja 150.

“Ya kita lihat saja nanti,” tandas freddy singkat.
Kabar yang berhembus KMI tetap mempertahankan standar emisi Euro 2 untuk produksinya mendatang. Kawasaki nampaknya tetap ingin mempertahankan performa yang banyak disukai penggila kecepatan ketimbang mengedepankan standar emisi Euro 3. Artinya, boleh jadi katalitik konverter yang terpasang pada Ninja 150 series tidak terlalu banyak mengalami penyempurnaan.

Tapi isu lain menyebutkan, ada perubahan pada mesin dan teknologi baru, sehingga Ninja 150 series lebih ramah lingkungan, mengingat rumor diberlakukannya Euro 3 kini sedang menjadi isu hangat. Kalau rumor ini benar, akankah performa Ninja 150 bakal menurun? Ini akan terjawab di tahun depan, termasuk apakah keluhan Super Kips ‘nyangkut‘ juga akan dibenahi KMI.

Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2002 silam, nyaris KMI tidak melakukan perubahan berarti pada sektor body, kedok maupun fairing samping. Bentuk RR sekarang boleh dibilang sudah tertinggal karena tetap bertahan dengan tampilan kedok depan layaknya motor sport era 90-an akhir. Yang berubah adalah blok mesin.
Pada Ninja RR CBU Thailand (2002 – September 2006) blok mesin yang digunakan berkode 1878, tapi sesudah era tersebut sampai sekarang kode mesin menjadi 1855 setelah dilokalkan (CKD).

Selain Indonesia, Ninja RR 150 juga dijual di Singapura dan Malaysia. Apakah Ninja RR 150 baru yang bakal menggelinding tahun depan juga serupa untuk pasar Malaysia dan Singapura? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Melihat perubahan yang cukup drastis di sektor body dan fairing, sehingga tampak lebih agresif, boleh jadi RR akan sukses di pasar. Apalagi di kelas sport 2-tak 150cc, Ninja RR tanpa pesaing. “Semoga ini menjadi sukses,” tutup Freddy.  (ry/fik, sumber: kapanlagi.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN:
* Hindari komentar yang bersifat provokasi, kasar, caci maki dan menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan).
* Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengirim.
* Admin/Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak.

KAWASAKI NINJA 150RR - 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...