SELAMAT DATANG DI BLOG KAWASAKI NINJA CLUB CIKARANG - GET THE SOLID
MARI KITA SUKSESKAN ACARA HUT KNC CIKARANG KE-9 PADA 24-25 MARET 2012 DI CILEUMBER, PUNCAK BOGOR

Senin, 17 Januari 2011

Istilah Sekitar Kendaraan Roda 2

Engine brake = ngerem dgn bantuan mesin

Overhaul = turun mesin

Noken as = camshaft= kem

Per klep = valve spring

Stang seher = connecting Rod

Kruk as = crankshaft= poros bubungan

Metal duduk/jalan = bearing

Blok mesin = crankcase

Bearing = klaher

Intake manifold = leher angsa

Swing arm = lengan ayun

Shock breaker = peredam kejut

Sokbreker = shock absorber

DOHC = Double Over Head Camshaft

SOHC = Single Over Head Camshaft (biasanya bebeg)

Servo = Pengatur Putaran Stasioner u/ injection

Understeer = Ban Belakang Lebih Gigit drpd Ban Depan

Oversteer = Ban Depan lebh gigit drpd ban belakang

Downdraft = fenomena ketika mesin mengalami beban berlebih dengan putaran rpm tinggi namun tiba-tiba kehilangan tenaga

Traksi= daya rekat ban dgn jalan. makin besar traksi makin lengket dgn jalan

Behel = pegangan buat boncenger

CDI = Capacitor Discharge Ignition

Fly Wheel = Roda Gila biasanya menyatu dengan magnet

Regulator = pengatur tegangan dari magnet untuk suplai ke accu/aki

Caliper= kepala babi, bagian rem yang mencengkram disk

Over rante roda = keteng kas

Rante keteng = timing chain = rante di mesin

Tensioner = penegang rante

Korter = memperbesar permukaan dinding silinder

Reamer kaburator/leamer = memperbesar lobang karburator?

Top = titik pengapian

Hanpat = grip buat setang

Upside down = shock breaker yang tebalik dari motor biasa

Klaher = bearing roda

Head block = blok mesin atas

Cylinder block = blok mesin tengah

Valve = klep = katup buat oli API SF SL SG dll = S=spark=busi=utk mesin bensin F/L/G=kualitas oli. makin ke arah Z makin bagus, ada lagi CF CG, C=compression itu buat mesin diesel

Main jet = utk suply besin diatas putaran 3000 rpm

Pilot jet = utk suply bensin dibawah putaran

Grip = handle pegangan motor

Head lamp = lampu depan

Tail lamp = lampu belakang

Rasio = gigi percepatan

Sign flasher = alat yg bikin lampu sen kedap kedip

Kiprok = regulator = alat penyearah arus listrik dari yg di hasilkan spul/ ac ke dc

Camshaft = poros as utama pada engine block

Swing arm = poros gerak pada pergerakan piston dalam combustion

Bridge arm = penghubung antara dua kutub yg akan menghasil kan spark (percikan api) pada ruang bakar (combution) mesin

Exhause mufler = knalpot bagian dalam sebelum sampai ke corong pembuangan

Overklep = pengaturan klep piston dimana regulation nya udara masuk, compres, fuel masuk, spark , pembakaran keluar. (gwe lupa ratio nya). ini kalo dah diginikan namanya turun 1/2 mesin tuh kendaraan

Reed valve = katup buluh. hanya ada di mesin 2 tak

Primary gear - pinion = gigi primer

Secondary gear - pinion = gigi sekunder

Cross fork clamp (upper n lower) = segi tiga (atas bawah)

Sprocket = gear (depan - belakang)

Chain = rantai penerus daya

Bushing = karet untuk meredam getaran mesin… tahan panas dan tahan banting

Gasket = hmm… bahasa indonya apa yah…??

Axis = as…. bisa di roda dan di swing arm belakang

Bracket = adaptor… biasanya buat kaliper rem belakang…

Ball bearing = laher yang bulat (klaher - bahasa belanda)

Needle bearing = laher yang berbentuk seperti pipa kecil ( disebut juga laher bambu)

Camshaft drive chain = rantai keteng

Water pump = pompa air buat radiator… hanya ada di mesin perpendingin air

Teleskopik = sokbreker dengan menggunakan pipa

Up side down = sokbreker depan model terbalik… banyak terdapat di motor besar (umum juga disebut sok cowo)

Handle bar = setang

Frame = sasis utama

Tubular = sasis yang masih menggunakan pipa tubular (bisa dilihat di motor ducati dan kawasaki ninja ZX 150RR)

Delta box = sulit di jelaskan menggunakan bahasa indonesia. lebih jelasnya bisa dilihat di motor motor besar keluaran jepang - eropa (kecuali ducati, triumph dan harley. mereka masih menggunakan tubular), atau di motor cbr 150, suzuki FXR, dan ninja RR.

Spuyer = Pilot Jet and Main jet

Papas kem = papas noken as = papas camshaft = untuk memperbanyak derajat bukaan klep/valve
Karburator = Alat pengabut BBM agar tecampur sempurna dengan udara

Choke = Cuk = untuk memkaya campuran BBM. digunaka saat starter doing

Setang Seher = Setang piston = Kruk as = connecting ROD

Pin Seher = pin piston = pin untuk ngunci setang seher

CDI = alat untuk mengatur timing/derajat pengapian busi

Kampas rem tromol = brake shoe

Kampas rem cakram = Brake pad

Ban dalam = tube

Ban luar = tire


Perbedaan Teknis motor 2 Dan 4 Tak
Banyak yg masih belon tau perbedaan antara motor 2 tak dg 4 tak, orang awam kebanyakan cuma tau perbedaan motor 2 tak dg 4 tak cuma dari konsumsi bensin, suara knalpot, pemakaian oli samping dan ngebulnya asep dari knalpot. Sebenernya kalo mo ditelusurin secara lebih detil mekanisme kerja mesin banyak banget perbedaannya.
Berikut ini adalah perbedaan motor 2 tak dan 4 tak di lihat dari cara kerja mesin (garis besarnya doang yak)

- Mesin 2 Tak (2 strokes)
Untuk mendapatkan ledakan tenaga hasil dari pembakaran gas, cuma diperlukan 2x gerakan piston naek dan turun (1x proses) dg sekali putar kruk as.
TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak ke atas, TMB menuju TMA)
TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)

- Mesin 4 Tak (4 strokes)
Untuk mendapatkan ledakan tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naek dan turun (2x proses) dg 2 kali putaran kruk as dg disertai buka tutup klep sekali doang.
TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA)

Ini cuma penjelasan dasar mekanisme kerja mesin, masalahnya kalo dibikin detil bakalan jadi panjang lebar bahasannya
Keterangan…….
TMA : Titik Mati Atas, piston berada pada posisi paling atas
TMB : Titik Mati Bawah, piston berada pada posisi paling bawah


Kapasitas Mesin
Kapasitas mesin ditunjukkan oleh volume yang terbentuk pada saat piston bergerak keatas dari TMB ke TMA, disebut juga sebagai volume langkah. Volume langkah dihitung dalam satuan cc (cm3). Rumus untuk menghitungnya adalah:

Volume langkah = luas lingkaran silinder x panjang langkah
= phi r2 x S
= phi (1/2 D)2 x S
= phi/4 .D2.S cc

Volume Ruang Bakar
Volume ruang bakar adalah volume dari ruangan yang terbentuk
antara kepala silinder dan kepala piston yang mencapai TMA.
Dilambangkan dengan Vc (Volume compressi)

Volume Silinder
Volume silinder adalah jumlah total dari pertambahan antara
volume langkah dengan volume ruang bakar.
Rumusnya: Vs = Vl + Vc

Keterangan:
Vs= Volume silinder (cc)
Vl = Volume langkah (cc)
Vc= Volume ruang bakar (cc)

Perbandingan Kompresi
Perbandingan kompresi adalah perbandingan volume silinder
dengan volume kompresinya. Perbandingan kompresi berkaitan dengan
volume langkah.

Bila dinyatakan dalam suatu rumus maka:

E= (Vs + Vc)/Vc

E = perbandingan kompresi
Vs = volume silinder
Vc = Volume ruang bakar

dimana: Besarnya perbandingan kompresi untuk sepeda motor jenis touring berkisar antara 8 : 1 dan 9 : 1. ini artinya selama langkah kompresi muatan yang ada di atas piston dimampatkan 8 kali lipat dari volume terakhirnya. Makin tinggi perbandingan kompresi, maka makin tinggi tekanan dan temperatur akhir kompresi.

Torsi
Gaya tekan putar pada bagian yang berputar disebut Torsi, sepeda motor digerakan oleh torsi dari crankshaft Makin banyak jumlah gigi pada roda gigi, makin besar torsi yang terjadi. Sehingga kecepatan direduksi menjadi separuhnya.

Torsi = gaya x Jarak

Besarnya Torsi maksimum setiap sepeda motor berbeda-beda. Ketika sepeda motor bekerja dengan torsi maximum, gaya gerak roda belakang juga maximum. Semakin besar torsinya, semakin besar tenaga sepeda motor tersebut. Besarnya torsi biasanya dicantumkan dalam data spesifikasi teknik, buku pedoman servis atau dalam brosur pemasaran suatu produk motor.

sumber : konsultasimotor.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN:
* Hindari komentar yang bersifat provokasi, kasar, caci maki dan menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan).
* Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengirim.
* Admin/Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak.

KAWASAKI NINJA 150RR - 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...