KNC Cikarang – “MENJELAJAHI rahasia mengenai generasi Ninja terbengis yang pernah diproduksi”, ya itulah tag artikel kita kali ini. Sebenarnya rada terlambat untuk mengulas Kawasaki Ninja ZX-10R, karena gaung yang ditimbulkan motor ini dimulai sejak bulan Juli tahun lalu, but it’s OK lah, gak ada kata terlambat untuk berbagi pengetahuan bukan?? Hehehe…kalo gitu mari kita mulai. Brader & Sista sekalian……..Perkenalkan,evolusi ini bernama Kawasaki Ninja ZX-10R generasi 2011, superbike dengan peak power paling dahsyat saat ini.
Pada tanggal 7 & 8 Juli 2010, Pabrikan Hijau terdeteksi melakukan sebuah test untuk produk terbaru mereka, sebuah motor berwarna hitam carbon tampak wara-wiri di sirkuit Suzuka, saat itu Hidemichi Takahashi & Akira Yanagawa didaulat sebagai test rider untuk mengukur seberapa jauh motor ini mampu unjuk gigi diantara kompetitornya. Kesan aneh & misterius pun mencuat saat gue pertama melihat motor ini, bentuknya radikal gak lazim, bahkan tampangnya yang menyebalkan tapi sangar terkesan sangat lain untuk sebuah motor di kelas superbike.

( bocornya desain awal yang sempat mencengangkan banyak pihak )
Untuk urusan tekhnologi nampaknya udah jadi ciri khas Kawasaki untuk gak setengah-setengah dalam membuat suatu produk, yup boleh dibilang kali ini sebuah revolusi besar besaran dilakukan dari generasi 2010 ke 2011, selidik punya selidik sepertinya ZX-10R emang total diarahkan untuk bersaing dengan BMW S1000RR, banyak bagian dirombak abis, mulai dari penggunaan fitur traction control, bodywork baru yang lebih aerodinamis, sasis aluminium beam perimeter sangat radikal, sekilas sasis baru ini membuat penempatan tangki bahan bakar sedikit turun, analisa gue pribadi ini berkaitan dengan aerodinamika & perubahan center of graffity motor ini,
Bodywork baru memiliki karakter sangat racing & aerodinamis, airscoop besar di bagian muka memungkinkan udara segar dalam jumlah besar dialirkan ke kotak udara di tengah sasis, dan garis-garis tegas bodywork di bagian depan mampu memberikan stabilitas yang sangat baik saat melintasi jalanan dalam kecepatan 180 mph ( 180mph = 288 kph buseeeeeeed ……)
Bicara mengenai bobot, ZX-10R memiliki berat badan 201kg (versi ABS), sedikit lebih gendut dari BMW S1000RR, tapiiiiii…..11 kg lebih berat dari Honda CBR1000RR fireblade, waaaaw..no comment dah. Mesin baru yang di usung motor gendut ini cukup menjanjikan, dari spesifikasi yang sempat gue baca di internet sanggup memuntahkan 209.9 PS di kitiran 13,000 RPM, cukup mengerikan untuk ukuran motor 1000cc …, mesin dahsyat tentunya peranan suspensi sangat penting, percuma lah….kalo suspensi jelek dipake yang ada mah nyetorin nyawa doang om, hehehe….jeng jeng jeeeeeeeng, kali ini persembahan SHOWA Corporation terlihat di area suspensi,Big Piston Front Fork diameter 43mm with rebound & compression damping, spring preload adjustable dipasang di bagian depan & Rear Suspension Horizontal Back Link with gas-charged shock & top-out spring ada di balik swing arm aluminium yang lebih panjang dibanding versi terdahulu.

( sempat jadi headline beberapa majalah otomotif dunia )

( WSBK Series, lebih dulu nongol dibanding versi jalan raya )

( Tom Sykes & Kawasaki WSBK, sebenernya gue berharap Melandri yang pegang ni motor)
Kawasaki Ninja ZX-10 R General Specifications :
ENGINE | ||||
Engine Type | : | Liquid Cooled, 4 stroke in line four cylinder | ||
Displacement | : | 998 cc | ||
Bore x Stroke | : | 76.0 x 55.0 mm | ||
Compression | : | 13.0 : 1 | ||
Valve | : | 16 Valve | ||
Fuel System | : | Keihin injection dia.47 oval sub throttles | ||
Ignition Starting | : | Digital Electric | ||
Lubrication | : | Forced wet sump | ||
DRIVE TRAIN | ||||
Transmision | : | 6 Speed Return | ||
Final Drive | : | Sealed Chain | ||
Primary Reduction Ratio | : | 1.681 ( 79/47 ) | ||
Final Reduction Ratio | : | 2.294 ( 39/17 ) | ||
Clutch | : | wet multi disc manual | ||
FRAME | ||||
Type | : | Twin Spar cast Aluminium | ||
Front Tyre | : | 120/70-17 | ||
Rear Tyre | : | 190/55-17 | ||
SUSPENSION | ||||
Front | : | Showa adjustable 43mm preload | ||
Rear | : | Showa Horizontal Back Link Gas Charged | ||
Compression Damping | : | Stepless, dual range ( Hi/Low Speed ) | ||
Rebound Damping | : | Stepless | ||
Spring Preload | : | Fully Adjustable | ||
BRAKE | ||||
Front | : | Brembo Dual semi floating 310mm petal disc | ||
Caliper | : | Brembo Dual Radial-mount, opposed 4 piston | ||
Rear | : | Brembo Single 220mm petal disc | ||
Caliper | : | Brembo Single-bore pin slide, aluminium piston | ||
PERFORMANCE | ||||
max Power | : | 147.1kW (200.1 PS) / 13,000rpm | ||
max Power with RAM air | : | 154.4kW (209.9 PS) / 13,000rpm | ||
max Torque | : | 112Nm ( 11.4kgf-m) / 11,500rpm | ||
By : KNC-CKR_lalerijo 013
jagoan pertamaaax
BalasHapusKeduax .... Top Abisss
BalasHapus