SELAMAT DATANG DI BLOG KAWASAKI NINJA CLUB CIKARANG - GET THE SOLID
MARI KITA SUKSESKAN ACARA HUT KNC CIKARANG KE-9 PADA 24-25 MARET 2012 DI CILEUMBER, PUNCAK BOGOR

Rabu, 30 Maret 2011

Masalah dan Cara Setting Karburator


KNC Cikarang - TUGAS utama karburataur adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adalah 1 : 13-15. Pokoknya bagaimana caranya biar mesin dapat supply campuran segitu.

Kenapa pakai range, padahal teori di buku-buku pembakaran ideal itu 1:14?
Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.

Misal:
1. Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh supply BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
2. Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin harus lebih banyak.
3. Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
4. Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
5. Dan masih banyak lagi parameter yang harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yang berpengaruh dengan settingan spuyer-spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:
Karbu punya 2 spuyer-spuyer :
1. Satu buah main jet (tuk RX-King std ukurannya 145 atau 150) yang berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
2. Satu buah pilot jet (ukurannya 22.5 atau 25) yang berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampai penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yang sudah tinggi.

Hal lain yang berpengaruh dengan setingan termasuk :
1. Ukuran Venturi karbu
2. Jarum skep
3. Stelan angin
4. Power jet.

Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yang lewat shg butuh spuyer-spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan atau mengecilkan spuyer-spuyer tadi?

Sebelumnya harus tahu dulu gejala-gejala mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala-gejala mesin seperti kehilangan tenaga yang disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adalah gejala-gejala mesin yang sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalau settingannya terlalu basah.

Berarti kalau NGEMPOS mesin butuh BB, kalau BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus
Nah berikut kasus-kasus yang sering terjadi karena masalah pilot jet :

1. Motor kalau pagi susah hidup karena begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naikin pilot jet.
2. Motor dah jalan tapi sering tiba-tiba kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naikin pilot jet
3. Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naik pilot jet
4. Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
5. Motor gak pakai di cuk kalau pagi N bisa langsung start

(ini juga gak normal) berarti pilot harus turun.

Kesimpulannya, kalau ada gejala-gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yang relatif rendah maka minta naik pilot jet, N kalau ada gejala-gejala brebet di put rendah juga maka pilot harus turun.

Trus tuk kasus-kasus main jet :
1. Motor dibawa kebut-kebutan sampai putaran atas trus begitu finish jalan pelan-pelan jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
2. Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
3. Motor ngelitik padahal yang lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
4. Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
5. dll

Kesimpulannya, jika motor Brebet di putaran atas berarti main jet harus turun, jika motor suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Note:
1. Setiap ada perubahan ukuran spuyer-spuyer wajib setting angin
2. Jangan berpataukan pada indikataur suhu di dashboard tuk panduan setting karena pasti gak sesuai, ini butuh joki yang feelingnya dah kuat.
3. Adakalanya detonasi tidak bisa diobati dengan naikin spuyer-spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.



SETTING KARBURATAUR KOHAR 4 TAK
Meski bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik, kohar alias korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. “Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” jelas Teng Suang Hak, mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No. 55D, Jakarta Utara.

Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. “Tidak pakai pataukan. Soalnya karakter masing-masing kohar beda. Kuncinya, rasakan saja dampak di mesin,” kata Ahak yang sibuk garap motor balap pesanan saat ditemui Em-Plus di bengkelnya.

Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang. Coba naikan 5 angka dulu,” kata lelaki berambut cepak ini.

Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi,” ingatnya.

Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. “Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas,” ujar Ahak lagi.

Sementara untuk setelan pilot-jet, gejala-gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala-gejala pertama, jika motor susah hidup setelah dilakukan korekan. “Atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,” katanya.

Cara menaikan juga bertahap. “Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,” tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta.

Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet maupun main–jet untuk kohar, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburataur. “Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernah sampai 10. Jenis karburataur apapun, deh,” tutup Ahak



SETTING KARBURATAUR LAINNYA (Mengacu pada Standarisasi)
Karburataur dapat diartikan sebuah jantung bagi sepeda motor. Karena, tanpa piranti penyuplai bahan bakar ini, mesin motor tak akan berfungsi. Untuk itulah perlu adanya perhatian khusus terhadap part ini. Adanya kendala yang menghambat aliran bahan bakar pada karburataur, dapat membawa petaka pada tunggangan kesayangan anda.

Perawatan maupun setting karburataur bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, karena adanya bagian- bagian penting yang ada di dalam karburataur ini, disarankan oleh Sahid, Service Manager Suzuki Milenium, untuk mempercayakan kepada bengkel resmi Suzuki (BeReS). Dengan Rp. 12.500 saja, BeReS akan menangani semua masalah pada karburataur.

“Langkah awal yang harus dilakukan sebelum menyetel karburataur adalah dengan melihat spesifikasi dari tipe motor. Karena setiap tipe, spek yang ada pada jeroan karbunya pasti berbeda”, jelas Sahid. Sebagai contoh, Satria F150 mempunyai Main Jet berukuran 112,5 mm, 12,5 mm untuk Pilot Jet dan 1 ¾ untuk putaran Pilot Air Screw-nya.

Kita juga bisa melihat kondisi motor. Apakah sudah ada perubahan ataupun penambahan pada parts pendukung, seperti knalpot racing atau yang lainnya. Karena adanya pernggantian ini bisa mempengaruhi setelan pada karburataur. Jika mendapati hal ini, spesi?kasi pada karbu pun harus ada perubahan. Jeroan pada karbu harus dirubah 2,5 – 5 step dari spek standard.

Jika semua kondisi karburataur sudah dicek, tiba giliran kita untuk menyetelnya. Hidupkan mesin motor, pertahankan gas pada RPM 1.500 – 1.600. Kemudian, putar setelan udara (pilot air screw) sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan mengacu pada standarisasi yang sudah ada, kita akan mendapatkan hasil setingan yang sempurna.


Sumber : motorplus-online.com

50 komentar:

  1. Salam bikers.
    Sya pengguna baru kawasaki ninja,sya punya motor kawasaki ninja r 97,saya cuman mau nanya,sapa tau tmn2 bikers ada yg tau,krn sy sdh tanya keliling dibengkel2 dkt rmh saya,search digoogle,n tanya langsung di yahoo.hsilnya tdk ad. Mslh sya ada dikarbunya,sya pakai karbu pe26,sya mau tau tinggi ukuran standar pelampungnya brp mm...truz diukur drimna sampai mana...?trima kasih...

    BalasHapus
  2. maz,ninin rr brebet mpe rpm 7 rb di semua gear.
    kips oke.karbu oke. cdi oke.
    iku penyebabe apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama tu punyaku juga kaya gitu padahal kemaren habis di servis sama di seting tp waktu di jalan kok mbrebet ya

      Hapus
  3. mas mau nanya ninin gue ko waktu masuk gigi 1 tru RPM 1000-3000 ko ngempos ya kaya mau mati gitu, kalo udh masuk RPM 3000 udh mulai normal mas.. ada solusi , padahal udh d seting ,di bersihin karbu nya, super kips jg ga ad masalah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas... Saya udah pusing mas udah ganti ring seher, CDI, pulser, karbu, knalpot, rumah membran valve tapi tetep aja ngempos di RPM bawah trus.. Udah dpt masalah ny mas? Apa nya ya?

      Hapus
    2. Apakah udah ketemu solusinya ,.? Ud naikin pilot jet tp tetep sama

      Hapus
  4. permisi mas mau nanya, sy pengguna ninja 250 karbu, tapi kenapa sering berebet gitu knalpot nembak juga, padahal sudah 2 bengkel resmi yang atasi tetapi masih berebet..setelah komplain ulang si mekanik malah nyaranin sy ganti karbu yang mahalnyaaa ampun,, solusinya gimana ya mas?

    BalasHapus
  5. mau tanya gan pd ninja 250r tiap di rpm tinggi trs gas di lepas pd rpm 7rb-6rb kluar suara letupan itu ada permasalahan apa?? trims

    BalasHapus
  6. ANe abis servis superkips di bengkel resmi
    Tapi abis servis pas perjalanan pulang motor ane aneh suaranya
    Tiap di rpm bawah kaya suara knalpot keabisan paking merekpek ga jelas tapi kalo di rpm atas normal itu knpa ya

    BalasHapus
  7. Permisi mas...
    Mau tanya ninin sya ganti knalpot racing pas putaran atas ngempos di tambah gigi tenaga loyo...knapa yah...
    Tolong dong Solusinya...

    BalasHapus
  8. permisi mas...mau tanya ninin saya brebet trus lampu klo gas tinggi kurang terang kya setrumnya ke sedot

    BalasHapus
  9. permisi mas...mau tanya ninin saya brebet trus lampu klo gas tinggi kurang terang kya setrumnya ke sedot

    BalasHapus
  10. Gan.Di mau tya sy punya kawasaki ninja 250 th.2011..Sdh di service..ganti budi stel karburator.yg sy ga ngerti kenapa ole di rpm 9000 motor berebet ga mau di gas lagi kaya limit padahal baru di gas 1/4' blm setengah nya.tlg bantuan solusi nya bos..mks salam

    BalasHapus
  11. Gan.Di mau tya sy punya kawasaki ninja 250 th.2011..Sdh di service..ganti budi stel karburator.yg sy ga ngerti kenapa ole di rpm 9000 motor berebet ga mau di gas lagi kaya limit padahal baru di gas 1/4' blm setengah nya.tlg bantuan solusi nya bos..mks salam

    BalasHapus
  12. Gan.Di mau tya sy punya kawasaki ninja 250 th.2011..Sdh di service..ganti budi stel karburator.yg sy ga ngerti kenapa ole di rpm 9000 motor berebet ga mau di gas lagi kaya limit padahal baru di gas 1/4' blm setengah nya.tlg bantuan solusi nya bos..mks salam

    BalasHapus
  13. Gan.Di mau tya sy punya kawasaki ninja 250 th.2011..Sdh di service..ganti budi stel karburator.yg sy ga ngerti kenapa ole di rpm 9000 motor berebet ga mau di gas lagi kaya limit padahal baru di gas 1/4' blm setengah nya.tlg bantuan solusi nya bos..mks salam

    BalasHapus
  14. Motor saya ninja 250 karbu kenapa ya suaranya klo putaran bawah nga bisa Alus slalu brebet walau bisa Alus pasti nga langsam sudah beberapa bengkel coba setting hasilnya nihil apa memang karakter ninja 250 karbu brebet nga bisa halus suaranya seperti ninja fi

    BalasHapus
  15. Motor ane ninja rr 2006 brebet di rpm skitar 6000 g mau naik, udah ane bersihin karbu pj mj 270 22.5 masih brebet. Ane bersihin kips jg masih sama tp kalo ane lpas filter udara g brebet lagi, mohon solusinya suhu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama persis nih, dah dapat solusinya blm om

      Hapus
  16. Gan. Mohon infonya...
    Kenapa ya motor saya kadang di gas gak berubah rpm.nya tetep..... Di gas gak jalan... Tapi kalo du tunggu bisa ngegas sendiri.... Kalo buat jalan gas kendor ilang lagi tarikanya....
    Motor saya ninja 250 karbu gan...
    Mohon infonya...

    BalasHapus
  17. Gan mau nanya mtor sya ninja rr 2tak superkips klo di bawa kenceng tiba2 pas pelan langsung gak ada tenaga suara brubah kaya kenalpot bocor tapi pas d bawa pelan sekitar 5 mnit normal lgi itu kenapa ya?

    BalasHapus
  18. Gan saya punya ninin rr 2012 klo d gas kaget ngempos , trus pas rmp tinggi cegukan kayak abis bensin..
    Mohon solusinya gan...

    BalasHapus
  19. Buat bro andrian, tuas kips nya sudah banyak kerak dan mau macet. Sehingga pergerakannya saat mau nutup kipsnya sdh tdk normal

    Buat bro lhie quer, kmungkinan karbu kotor atau mainjetnya kurang besar. Bisa juga filter bensin yg sdh kotor

    BalasHapus
  20. pagi pagi pas mau di nyalain,tiba2 rpm manteng di 3000,itu knp ya?ninja 250 karbu

    BalasHapus
  21. Gan mau nanya ninin rr saya tarikan nya berat di gigi 1 dan 2 dan itu pentebab nya ap y.

    BalasHapus
  22. Waktu mu dinyalain motor keadan normal,tpi klw udah jln motor ngeberebet di kilometer rendah,sebalikya klw di km tinggi mlh enak banget tarikanyya...minta pencerahan'ya kawan ap gejalanya....motor ninja 250cc karbu thn 2010

    BalasHapus
  23. Motor saya ninja 250 th 2010, waktu dipakai ngebut gear 1,2,3, rpm nisa sampai 11.500 dan speed di angka 100km/h, tapi pas masuk gear 4,5,6 rpm cuma sampe di 7000 dan speed malah turun di antara 90-100km/h, ketika gas dibuka lagi mesinya mbrebet kaya mau mati, kira-kira gimana solusinya ya gan, mohon pencerahanya, trims....

    BalasHapus
  24. Itu pilot jetnya kegedean bro agus murdokk

    BalasHapus
  25. Misi mas bro..ninja 250 habis cuci karbu kok nggak mau langsang dan skg susah hidup sekalipun cok nya di tarik. Kira2 masalahnya di mn yah??

    BalasHapus
  26. Motorku ndg mau langsam...klo digas lama banget bru trun.ap pnyebabnya ya?

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Ninja saya abis ganti knalpot racing jdi ngadat..terus businya basah mulu kenapa ya

    BalasHapus
  29. Bengkel ninja daerah cikarang selatan dimana ya ?

    BalasHapus
  30. Misi bosku numpang tanya,saya punya ninja R 2003 Kis,motor digas gk mau ngebetot dan Brebet pdhl sudah cek Pengapian dan karbu ny sudah Gonta ganti ttp aja bgitu...mohon yg tau kasih tau(Terima Ksih)

    BalasHapus
  31. Permisi... min mau nanyak,saya punya ninja 250 thn 2010,pas motor dinyalain gasnya gak mau naik trus tiba-tiba motornya mati.kira kira masalahnya apa ya min??mohon bantuannya..

    BalasHapus
  32. Soory mas,,saya punya ninja rr tpi masalah nya byk sekali mas,pertama motor saya ini apa bila di jalan kan pas di gas dia makin pelan mas,tpi kalo pas lgi di tes gas nya bagus,gak ada masalah mas,kalo di bawa berjalan merepet dia mas,,,mohon bantua nya mas,,,

    BalasHapus
  33. Mw tanya mas udah kemana mana tetep aja.pas masuk gigi 2 pas narik lagi gas ngempos tapi kesana y normal lagi.blz maap solusinya mas..?

    BalasHapus
  34. Mau tanya gan,,saya punya ninja r,,biasa nya ngga ada masalah memang ngga ada masalah sama sekali,,hidupin pagi tanpa choke,,tapi setelah saya bawa kencang,saya geber,dan pagi hari nya saya mau manasin eh tiba2 hidup susah,harus dichoke itu pun kalo hidup kaya kehabisan minyak,,solusi nya apa gan,,membran udah saya ganti,karbu udah servis

    BalasHapus
  35. Mau tanya gan,,saya punya ninja r,,biasa nya ngga ada masalah memang ngga ada masalah sama sekali,,hidupin pagi tanpa choke,,tapi setelah saya bawa kencang,saya geber,dan pagi hari nya saya mau manasin eh tiba2 hidup susah,harus dichoke itu pun kalo hidup kaya kehabisan minyak,,solusi nya apa gan,,membran udah saya ganti,karbu udah servis

    BalasHapus
  36. Mw tanya gan, motor saya ninja rr, udah ganti pilot jet jadi 25, tiap rpm 6000 brebet digear 4 keatas, kayak susah digas, membran udah ganti juga, solusinya gmna ya mas

    BalasHapus
  37. Permisi mas mau nanya, saya punya ninin r kis,dari gigi 1 tarikannya pendek udah mbrebet,itupun sampai gigi 2345 larinya gabisa banter,mbrebet terus,

    BalasHapus
  38. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor di Tutorial Memperbaiki Mobil Motor

    BalasHapus
  39. Saya punya ninja ss 2013, selama ini ga ada masalah gan.cuma semenjak saya pakai oli samping castrol dan oli mesin x ten yang di planet ban, malah bunyi ker,ker saat rpm rendah di blok.
    jadi gimana gan?
    apakah harus ganti piston atau ganti blok set

    terima kasih

    BalasHapus

PERHATIAN:
* Hindari komentar yang bersifat provokasi, kasar, caci maki dan menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan).
* Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengirim.
* Admin/Redaksi berhak menghapus komentar yang tidak layak.

KAWASAKI NINJA 150RR - 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...